Arsitektur Komputer Von
Neumann
Arsitektur Komputer Von Neumann merupakan
arsitektur yang diciptakan oleh Jhon Von Neumann(1903 – 1957). Nama Von Neumann
sendiri diambil dari namanya karena dialah yang pertama kali
mempublikasikan konsep tersebut (seandainya
saya yang duluan pasti namanya akan diambil dari nama saya tentunya), arsitektur
komputer ini banyak digunakan di sebagian besar sistem komputer non paralel
seperti komputer rumahan atau notebook. Kedepanya model Von Neumann akan
digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja
secara serempak seperti komputer yang digunakan oleh NASA.
Superkomputer milik NASA menghubungkan 20
komputer canggih sgi altix, yang masing-masing memiliki 512 prosesor,
dilengkapi dengan 500 terabyte media penyimpan (storage) lokal. Sejumlah
10.240 prosesor intel itanium 2 akan mentenagai superkomputer space exploration
simulator ini untuk melakukan berbagai penelitian (kalau cuma untuk ngenet sia-sia nih komputer). Okay,
back to point. Meski konsep ini dikemukakan oleh Jhon Von Neumann kemudian
dikembangkan oleh J. Prespert Eckert(1919 – 1995) dan Jhon William Mauchly(1907
– 1980) dalam pengembangan komputer ENIAC, nama von Neumann lah yang
lebih dikenal sebagai penemu arsitektur komputer tersebut.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer
dengan empat bagian utama yaitu Unit Aritmatika dan Logis (ALU) yang merupakan
bagian dari unit kontrol (cpu), media penyimpanan (memory), dan alat masukan
(input) dan hasil/keluaran (output) secara kolektif dinamakan I/O. Dibawah ini
adalah gambar
arsitektur Von Neumann.
Dalam gambar menunjukan begitu sederhananya
arsitektur tersebut, berikut penjelasan dari empat komponen tersebut.
1. Masukan (input)
Perangkat ini memiliki fungsi sebagai
media untuk memasukkan data ke dalam processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input devices atau perangkat masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk memindai gambar agar dapat di olah
secara digital. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file sebagai pengganti mouse. Microphone, untuk
merekam suara ke dalam komputer dan masih banyak lagi.
2. Pemroses (cpu)
CPU atau Central Processing Unit merupakan
tempat pemroses dari intruksi-intruksi program, bentuknya berupa chip yang
terdiri dari jutaan IC. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu Unit
Kendali (control unit) serta Unit Aritmatika dan Logika (ALU). Disamping
itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang
disebut dengan register.
- Unit Kendali (control unit)
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan
semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur
kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan
ditampilkan pada alat output. Tugas dari unit kendali ini adalah :
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input
dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori
utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika
diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika serta mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
- Unit Aritmatika dan Logika (ALU)
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua
perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi
program. ALU melakukan operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga
sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah
melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator
logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ), kurang
dari (<), kurang atau sama dengan (<= ), lebih besar dari (>), dan
lebih besar atau sama dengan (>=).
3. Penyimpanan (memory)
Memory mrupan media penyimpanan data pada
Komputer, jenis memory dibagi menjadi dua yaitu.
- RAM (Random
Access Memory)
RAM adalah memory utama bagi Komputer yang
memegang arahan data yang akan diproses oleh Processor, Ram sendiri bersifat
volatile. Artinya data yang disimpan didalamnya akan hilang ketika tidak di
aliri arus listrik. Jenis RAM sangat bervariasi, diantaranya :
- DRAM (Dynamic
RAM) adalah
jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data
yang terkandung didalamnya tidak hilang.
– SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
– SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
– RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
– EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
– SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.
– SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.
– RDRAM (Rambus Dynamic RAM)adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.
– EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.
- DDR (Double Data Rate) tipe
RAM yang menggunakan teknologi double clock cycle. DDR sekarang sudah semakin
berkembang dengan munculnya DDR2 dan DDR3 yang memiliki kecepatan yang sangat
tinggi.
Kedepannya mungkin jenis-jenis RAM akan terus
berkembang, karena semakin berkembang pulasistem komputer yang ada saat ini.
Sehingga untuk menunjang kebutuhan komputasi yang tinggi dibutuhkan performa
komputer yang maksimal.
- ROM (Read
Only Memory)
ROM ini sifatnya permanen, artinya program /
data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran
listrik di matikan. Proses menyimpan data pada ROM tidak dapat dilakukan dengan
mudah, namun membaca data dari ROM dapat dilakukan dengan mudah. Sampai saat
ini ada berbagai jenis ROM yang pernah beredar dan terpasang pada komputer,
antara lain PROM, EPROM, EAROM, EEPROM, dan Flash Memory. Berikut ini uraian
singkat dari masing-masing jenis ROM tersebut.
1. PROM (Programmable
Read Only Memory)
2. EPROM (Erasable
Programmable Read Only Memory)
3. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only
Memory)
4. Flash Memory
4. Keluaran (output)
Perangkat output adalah perangkat komputer
yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada
penggunanya. Informasi yang ditampilkan oleh komputer merupakan hasil dari
pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Informasi yang diteruskan oleh
komputer melalui perangkat output dapat berupa tampilan di layar hasil cetakan,
suara, dan sebagainya. Perangkat output sangat banyak sekali jenisnya
diantaranya.
- Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras
(Hardware) yang digunakan sebagai penampilan output video dari pada sebuah
komputer, dan kegunaannya tersebut tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu
komputer, sehingga dikarenakan monitor itu sebagai penampilan gambar maka
tentunya komputer sangat sulit digunakan dan bahkan sama sekali tidak dapat
digunakan tanpa menggunakan komputer (coba
aja bayangin facebookan tanpa monitor. hehe..).
- Printer
Printer adalah perangkat Output yang
digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer ke dalam bentuk kertas.
Printer dihubungkan dengan komputer melalui USB, selain itu printer juga harus
dihubungkan dengan arus listrik namun saat ini ada jenis printer portabel yang
menggunakan baterai. Saat pertama kali disambungkan ke komputer, kita harus
menginstall software driver printer agar printer itu dapat dikenali oleh
komputer. Ketajaman hasil cetakan printer diukur dengan satuan dpi atau dot per
inch yaitu banyakknya titik dalam satu inci. Semakin tinggi dpi sebuah printer,
maka semakin tajam hasil cetakannya.
- Speaker
Speaker adalah perangkat keras untuk
menghsailkan suara. Jenis lain dari speaker adalah headset atau earphone. Kita
dapat mendengarkan hasil keluaran berupa suara dari komputer melalui speaker.
- Infocus/Proyektor
Infocus juga merupakan alat ouput, biasanya
digunakan untuk presentasi, yang dihubungkan kekomputer untuk menampilkan apa
yang ada pada monitor ke suatu screen (layar) ataupun dinding.
- Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang
dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar
ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka
pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur
banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon,
ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada (kalau inget plotter jadi pengen
ketawa sendiri, karna punya pengalaman lucu sama nih hardware).
0 komentar:
Posting Komentar